Senin, 24 November 2014

SGCWK Sarapan Sego Cawuk

Warung SGCWK Bu Aini

29 Agustus 2014, masih lanjut. Setelah dirasa cukup berwisata pagi, perut kami sudah membunyikan benderang ingin diisi. Kalau sudah jauh-jauh ke Banyuwangi tidak afdol kalau tidak mencicipi sarapan Khas Banyuwangi. SGCWK kawan-kawan menyingkatnya seperti itu. Perut sudah kepalang lapar dan rasa penasaran juga mulai bertanya-tanya seperti apakah bentuk dan rasanya SGCWK ini?

SGCWK singkatan yang tiba-tiba kami utarakan untuk menyebut Sego Cawuk ini. Sego cawuk diambil dari bahasa osing. Sego artinya nasi, sedangkan cawuk artinya makan menggunakan tangan langsung tanpa memakai sendok. 

SGCWK ini banyak dijumpai di Banyuwangi saat masih pagi, karna memang SGCWK ini kebiasaan sarapan bagi warga Banyuwangi. Kali ini kami menetapkan makan sego cawuk ini di warung dekat kantor pos depan alun-alun kota Banyuwangi. H2C kami rasakan, antara takut nanti harganya mahal (ingat uang di dompet) dan harap-harap cemas bakal seperti apa rasanya?
Sumber: Backpackerbanyuwangi.wordpress
Pesanan SGCWK kami datang, ada yang memakai lauk ayam suwir berbumbu merah dan ada yang memilih lauk gendam pindang, saya memilih gendam pindang karena saya lebih suka ikan daripada ayam hehehe. Sego cawuk terdiri dari nasi dengan kuah yang terbuat dari parutan kelapa muda, jagung muda yang diserut, dan timun dipotong dadu yang dibumbui cabai, bawang merah, bawang putih, sedikit asam jawa. Dan dipadukan gendam pindang yang rasanya gurih dan manis.

Apa yang kami rasakan?? Kami sangat puas sekali, rasanya pengen tanduk (nambah) tapi perut pastilah tak kuat menampung. Harganya pun cuma tujuh ribu rupiah, 7 ribu aja. Kawan-kawan pun merasakan hal yang sama, sama-sama puaaaas, mantap, jos pokoke hehehe.  Ditutup dengan minum teh manis, kami pun bergegas pulang, pulang ke rumah Wiu maksudnya :p Tapi rencana ternyata berkelok, Wiu mengajak mengunjungi air terjun di desa Kampung Anyar, lagi-lagi kami hanya mengangguk setuju :D

Nb: Lupa gak jepret SGCWK sendiri, saking laparnya jadi langsung lahap :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar